Persepsi Penganut Lain Tentang Hindu

Memadukan logika dengan keyakinan, memastikan nilai budaya orang timur tetap terjaga baik, berikut pertanyaan-pertanyaan dan persepsi tentang hindu yang sering saya dengar dari umat lain :

1. Emang Tuhanmu bentuknya kayak di patung itu yak?
kalo gitu nyembah patung dunk?

2. Tuhanmu banyak banget, emang kagak kebigungan mau nyembah yg mana?

3. Km apa2 disembah trus dikasi kain tugu (kain motif catur) abis itu dikasi sesajen, emang km ga ada kerjaan apa?

4. Katanya kl jd orang hindu itu ribet, harus tau sesajen dan punya aturan sendiri2 setiap daerah. betul ga sih?

5. Orang hindu itu nyembah berhala, emang di kitabmu disuruh nyembah patung?

Jawaban Anda akan menjadi pengetahuan yang sangat luas bagi generasi penerus kita skaligus sebagai pengetahuan buat umat lainnya karena Tuhan tidak menciptakan satu jenis pemikiran tapi banyaknya tak terhingga. yakinlah Hindu tak seperti yang mereka lihat dan tak seperti yang mereka ketahui.

Bebas menjawab dengan berbagai tingkat pengetahuan.

Answer 1: Aguz Wirawan Komang
sering tiyang dnger prtnyaan sprti ini. y tyang jwb aj patung itu hnya simbol untk memfokuskan pikiran kpd tuhan. dan tuhanmu kok bnyk. y krna tuhan ibaratkan manusia, jka laki2 ini mengjar d skolah akan d panggil guru, jka laki2 ini memiliki keluarga dan anak dy d pnggil ayah. dan msih bnyk lgi, jd ksmpulannya tuhan terlihat bnyak bukan krna tuhan kta bnyk, tpi tuhan memiliki tugas seprti dewa wisnu pemelihara, dewa siwa pelebur. dan bnyk lgi. maaf yg sya tau cuma itu.

Answer 2: Andika Arum
Ida sanghyang widhi tidak berwujud beliau ad dimana mana sesungguhnya hindu itu simple dengan cara apa saja kita mngucap syukur dan dngan cara apapun kita mnyembah tuhan tidak marah!apa bedanya bendera merah putih dihormati yg notabene cuma kain?itu karena kita mnghargai dan mnghormati jasa para pahlawan kita yg mmperjuangkan kmerdekaan bangsa kita,sama halnya dengan hindu yg mmbuat patung dewa siwa dan sebagainya,krn dalam ajaran hindu para dewa mngajarkan kita dharma dalam khidupan kita agar kita bisa mngikuti jejak para dewa bgitu kira kira.

Answer 3: Warbanala
Bakteri aja jumlahnya banyak dan melakukan pembelahan sel…masa penciptanya tak bisa…material dan non matrrial ada dalam brahman…semua dalam lingkup tuhan…apakah kalau orang bicara pkai hp..dia bicara dengan hp? Iti hanya perantara saja..karrena manusia maha terbatas sdngkan brahman mahaluas/ mahima. Kalau cinta pada seseorang kita kasi mawar..apa dia memang memintanya…begitu pula brahman …itu adalah ungkapan hati..krana tak cukup kata2 saja.

Answer 4: Bli Wayan Suar
Hong ulun basuki langgeng!
Semoga Tuhan senantiasa menganugrahkan keselamatan dan kemakmuran yg kekal abadi untuk kita semua.
Pertanyaan sprti yg termuat diatas terkesan ingin ngonyolin kita sbge penganut Sanatana Dharma(Hindu). Hindu menganut paham panteisme; percaya dgn satu Tuhan yg meresap ke dlm segala ciptaannya!
Konsep Tuhan dlm Agama Hindu sprti yg di tulis dlm sastra adalh Satu tapi para bijak memberi banyak nama.mreka(kita) sering mengucap kt Tuhan dalm sebuah doa maupun kesempatan sesuai sikontrol tapi kita ko g tahu wujud Beliau’! Trus dmn Tuhan itu apkh duduk disinggasana yg jauh dsna/ terbang gentayang mengawasi kita?yg jls kita tdk prnah bisa menemukan Beliau krn kita punya keterbatasan indra tapi kita percaya Beliau walau tak pernah melihat langsung! Nah,,,,secara logika kt pikir,,, sprti ungkapn di atas yaitu Tuhan Satu meresap ke semua ciptaannya artinya Beliau adlh mewujudkn Dirinya d dlm alam semesta dn sgl isinya ini ia toh,,,?.
Memang,,,,, Tuhan adlh ada d setiap jntung yg brdetak,bernafas,setiap mata yg melihat,mndengr,meraih,berjln,merasa, beliaulah sumber penyebab semua itu.,! klo tidak syapa lg penyebab semua itu? saya ingin menuntut jawaban yg logis dari tetangga yg bertanya konyol sprti diatas! Hehehe,,,lnjut,,,!!
Ini bs kt buktikan ktika atman tidak lagi menubuhi ,meski badan yg lengkap dgn panca indrianya tdk ad artiny lagi/ tdk berpungsi krn bdn yg sejati(atman) tlh prgi! Dan badan akan hancur, kmbali ke asalnya( panca mahabhuta) bersama kematian,! Tuhan berhala???
Mreka bisa ga mnjlskn gmn rupa Tuhan Secara sederhana??? Mreka pasti bingung dan mungkin di jawab aplh dgn tdk jelas.sama halnya ktika kita ada yg nanya tntng negara kita Indonesia sprti ap sih indonesia? Bntuk,rupa?, sprti ap mreka akn jlsken scara sedrhana tntang indonesia?.mreka mungkin bingung jika mreka mnyebutken kalimntan/ pulau yg lain memang ia tpi trbatas itu saja,klo mreka blng indonesia negara muslim terbesar d dunia mng ia,,, tapi itu tdk bs mewakili ksluruhn dan tdk sah krn indonesia tdk muslim semua kawan!!! ingattt,,,, krn ad penganut agama yg lain selain itu! Secara sederhana kita bs tahu Indonesia dgn: lambangnya burung garuda dgn bhineka tunggal ika’nya, bendera merah putih, lagu kebangsaannya!!secara sederhana Lmbang inilah yg sah bersama sama kita akui, kita hormati lambang itu krna dgn lambang itu untk mengingatken akn kebesaran indonesia bukan menyembah lambang/benderanya’ kawanku !!!
3) Hindu adlh Agama yg memuliakan alm semesta, kita menyusu dari berkah yg Bliau ciptakan,semua tdk akn bs hidup tnpa sumber plora pauna yg bliau ciptakan,,,, apkah kami tdk ad kerjaan,tolol,konyol jika kami memuliakan,memlihara,merawat sumber yg menghidupi kami? Hehe,,, kami jawab secara logis,,, ap yg kami lakukan adlh semata mata karna wujud syukur kehadapa-NYA,,, Hong hulun basuki langgeng.! Dgn konsep Trihitakarana,, tiga penyebab yg membuat hidup kita bahagia;
1)Parhyangan= hubungan baik pd Tuhan,,,
2)pawongan; hbngan baik pd manusia,,
3)palemahan; Hubungan baik dgn Alam /lingkungan,,
Ktiga hal diatas mnjadi satu kesatuan yg utuh hingg mnjadikan Hidup kami tentram,cinta damai, sebab karna Hindu dgn kitab suci WEDA’nya yg bisa mengayomi ribuan aliran kepercayaan sesuai sifat dan kecendrungannya!! Cukup sekian dulu ya,,, untuk jawaban d nmr yg blm brikutnya saya lnjutken akn nyambung krn skrng saya mau tidur besok mau krjo!
Aku mnunggu jawaban konsep Ketuhanan kalian(penanya) yg terkesan meremehkan ajaran Hindu yg Universal yg tdk ad kata mengkafirkan orang laen karn konsep dasar kami adlh semua mahluk berasal dari satu sumber yg sama yaitu Tuhan sprti yg sdh saya sbtken diatas. namun karna ego dan dogma’lah yg mmbuat kawan merasa paling bener!!!Om santi santi santi Om,,

Semua respon/Jawaban dari

memadukan logika dengan keyakinanmemastikan nilai budaya orang timur tetap terjaga baikBerikut pertanyaan2 dan…

Posted by MediaHindu.com on Tuesday, March 24, 2015

akan ikut update disini

Recent search terms:

  • hong ulun basuki langgeng

Comments

Comments

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.